Widget Yang Wajib dan Tidak Dipasang di Blog
Widget Yang Wajib dan Tidak Dipasang di Blog-Menentukan widget apa saja yang mesti dipasang merupakan sesuatu yang harus kita pertimbangkan,sebab ini adalah hal yang harus benar-benar diperhatikan oleh seorang blogger. Dengan memasang widget yang benar-benar diperlukan dan tepat pemasangannya ini merupakan nilai tambah bagi blog karena dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan kita juga harus lebih mementingkan kepuasan pengunjung untuk melihat blog kita.

Disini saya akan menjelaskan widget yang wajib dipasang,widget yang boleh dipasang dan widget yang tidak perlu dipasang. Untuk yang pertama ngescript akan menjelaskan widget yang wajib dipasang diblog.



1. Widget Yang Harus Dipasang di Blog

  • Navigasi Menu - Navigasi yang memanjang secara horizontal.


Dengan memasang navigasi menu kita dapat dengan mudah menemukan informasi yang dicari dengan menekan navigasi tersebut,sehingga dapat mempermudah pengunjung untuk menemukan semua yang dicari diblog kita dan tentunya dengan memasang navigasi menu nilai pengunjung terhadap blog kita dapat bertambah.

  • Kotak Pencarian / Search Box - Kotak Pencarian yang terletak pada bagian sejajar dengan navigasi menu ataupun dibawah navigasi menu.
Memasang Kotak Pencarian sangant di wajibkan bagi seorang blogger,karena dengan memasang Search Box dapat mempermudah pengunjung untuk mencari informasi yang dibutuhkan di blog kita. Dengan begitu pengunjung tidak kesulitan dalam mencari informasi diblog kita.

  • Subscription Box - Widget follow untuk mendapatkan update terbaru dari blog kita secara langsung.
Dengan memasang widget ini kita dapat mempermudah pengunjung untuk menerima update dari blog kita tanpa harus masuk ke blog kita karena jika pengunjung memfollow blog kita,secara otomatis akan muncul di blog pengunnjung.

  • Popular Post / Artikel Terpopuler - Postingan terpopuler pada blog kita.
Widget yang satu ini sangat perlu dipasang karena pengunjung dapat melihat postingan apa saja yang sering dilihat oleh pengunjung lain dengan memasang widget popular post.

  • Related Post - Artikel terkait.
Widget ini juga dapat mempermudah pengunjung saat selesai membaca postingan dengan melihat pada bagian bawah postingan yang sudah dibaca karena artikel basanya saling berkaitan.

  • Recent Post - Postingan terbaru.
Widget yang harus dipasang oleh pemilik blog karena widget ini cukup berpengaruh besar bagi pengunjung yang ingin mengetahui postingan terbaru pada blog kita,sehingga mempermudah pengunjung mendapatkan informasi terbaru.

  • Label - Kategori Postingan sesuai komposisi.
Memasang widget label sangat di wajibkan,karena dengan memasang widget ini dapat mempermudah pengunjung dalam mencari informasi per label pada blog kita.

  • Social Bookmark - Media share seperti facebook,twitter,g-plus dll.
Widget ini juga sangat penting bagi kita maupun pengunjung untuk menshare postingan kita ke media sosial,sehingga postingan kita dapat lebih mudah dibaca orang lain yang belum mengetahui blog kita.

  • Social Link - Link media sosial milik pembuat blog.
Widget ini penting untuk dipasang karena pengunjung dapat dengan mudah mengetahui pemilik blog sehingga dapat menambah kepercayaan terhadap blog kita.



2. Widget Yang Boleh-Boleh Saja Dipasang.
  • Random Post - Postingan secara acak pada blog.
Widget yang ditampilkan secara acak pada blog untuk pengunjung yang sedang mencari informasi yang menarik pada blog kita,tanpa fokus pada satu niche saja.

  • Next Previous - Tombol next dan back pada pawah postingan.
Mempermudah pengunjung untuk mencari informasi yang tidak ditampilkan pada halaman pertama pada blog dengan mengklik tombol tersebut.

  • Recent Comments - Komentar terbaru pada blog kita.
Widget yang perlu tidakperlu,biasanya widget ini di buat oleh pemilik blog yang ingin menunjukkan kepada pengunjung bahwa blog nya banyak yang memberikan komentar pada setiap postingan.



3. Widget Yang Tidak Harus Dipasang.
  • Visitor Statistics - penampilan jumlah pengunjung.
Widget ini hanya akan memperlambat kecepatan akses pada blog yang sudah dipasang widget lain dan dapat menurunkan minat pengunjung untuk melihat blog kita.

  • Animasi / Flash - tampilan berlebihan seperti animasi bergerak dan gaya huruf yang alay.
Memasang widget ini tentu bukan hanya memberatkan blog dari segi apapun tetapi juga membuat mata pengunjung menjadi sakit melihat gaya huruf yang tidak wajar,karena sejatinya empunya blog harus mementingkan kepuasan pengunjung dari pada pribadi sebab pengunjung adalah raja.


Itu adalah widget dari yang wajib dipasang sampai yang tidak harus dipasang,semuga kita dapat membuat blog yang lebih seo-friendly,fast-loading,mobile-friendly yang sangat diharapkan oleh semua blogger karena dengan memililiki blog seperti itu dapat menambah nilai plus blog kita karena tidak memberatkan pengunjung saat mengakses dan sangat disukai mesin pencari apapun.

Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat bagi kita semua yang sedang membangun blog menjadi lebih baik,jika ada pertanyaan dan kritik silahkan berkomentar pada kolom yang disediakan dibawah ini.

Salam 


ngescript

0 komentar:

Posting Komentar